This web page requires JavaScript to be enabled.

JavaScript is an object-oriented computer programming language commonly used to create interactive effects within web browsers.

How to enable JavaScript?

Hasnur

Publikasi

Berita


BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Turut dalam penanggulangan Covid-19, Hasnur Group menyerahkan bantuan asap cair dari Cangkang Sawit ke Pemerintah Provinsi Kalsel. Bantuan yang diserahkanmelalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel merupakan bahan pembuatan cairan disinfektan. Kelangkaan Desinfektan yang terjadi di pasaran saat ini, dikarenakan tingginya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan Desinfektan untuk penyemprotan pencegahan penularan Covid-19.

Salah satu langkah yang diambil oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel adalah melalui produksi asap Desinfektan dari cangkang sawit.

Penggunaan asap cair sebagai bahan utama pembuat disinfektan, diyakini memiliki efektifitas yang jauh lebih baik dibanding etanol, serta lebih hemat penggunaannya. Rasionya 1persen asap cair lebih efektif dibanding etanol 70 persen.

Asap cair atau yang biasa disebut cuka kayu tersebut didapat dari hasil produksi dari 40 unit tungku asap binaan Pemprov dengan jumlah produksi sebanyak 800 liter per hari atau 24.000 liter dalam satu bulan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel, Hj drs Suparmi mengatakan, Desinfektan dari asap cair yang dibuat dari bahan baku cangkang sawit diketahui berkualitas lebih bagus. Ia sangat mengapresiasi kepedulian dan perhatian dari Hasnur Group dalam mendukung program pemerintah, utamanya dalam upaya pencegahan penularan virus Corona (Covid-19) melalui produksi Desinfektan dari asap cair.

 

Dengan adanya bantuan bahan baku berupa cangkang sawit dari Hasnur Group tentunya sangat bermanfaat dalam memastikan ketersediaan Desinfektan di Kalimantan Selatan. “Pembuatan asap cair Desinfektan dari Cangkang Sawit ini merupakan sesuatu yang baru di Kalsel dan selama ini belum pernah kita kembangkan. Saat ini ada 18 Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) binaan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Prov. Kalsel dan 21 Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan Dinas Kehutanan Prov. Kalsel," katanya melalui rilis yang dikirim manajer Barito Putera Junior Khalikin, Selasa (7/4/2020) siang.

Selain itu, ia juga mengatakan, penyemprotan nantinya akan dilakukan se-Kalsel. Asap cair ini juga akan dibagikan gratis kepada masyarakat. "Pemprov sangat serius, kita akan kawal ini hingga dibagikan kepada masyarakat, sehingga tidak ada lagi kendala disinfektan di masyarakat, ucapnya.

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Provinsi Kalimantan Selatan, Eddy Binti menyampaikan bahwa GAPKI Kalsel telah melakukan penggalangan kepada perusahaan – perusahaan sawit yang tergabung dalam GAPKI, salah satunya Hasnur Group. Upaya ini dilakukan sebagai langkah nyata dalam membantu Pemerintah dalam melakukan pencegahan Covid-19 khususnya di Wilayah Kalimantan Selatan. "Kami juga mengucapkan terima kasih kepada perusahaan – perusahaan sawit di Kalimantan Selatan yang telah bersedia mendukung program GAPKI Kalsel dalam upaya pencegahan Covid-19,"katanya.

Sementara Perwakilan Komisaris Hasnur Group yang juga Mantan Ketua DPRD Prov. Kalsel Periode 2009 – 2014, Nasib Alamsyah mengatakan bahwa bantuan ini sebagai bentuk partisipasi dan komitmen dari Hasnur Group dalam mendukung program Pemerintah dalam mengatasi penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 di Kalimantan Selatan.

Diharapkan, kelangkaan Desinfektan yang saat ini terjadi dapat teratasi dengan ketersediaan asap cair Desinfektan yang dibuat dari bahan Cangkang Sawit untuk melakukan penyemprotan dalam rangka pencegahan pandemi Covid-19 di Kalimantan Selatan saat ini.

Dengan mewabahnya Virus Corona (Covid-19) di Kalimantan Selatan, dia menghimbau kepada masyarakat supaya tetap meningkatkan kewaspadaan.

"Kita berharap wabah Virus Corona (Covid) ini segera berakhir. Apalagi kita akan menghadapi bulan suci Ramadhan 1441 sebentar lagi, dimana kegiatan keagamaan di Kalsel sangat banyak, semoga kita semua dapat beraktivitas dan menikmati indahnya Ramadhan tanpa Corona," pungkas dia.